Enggak Perlu Drama Lagi, Ini 6 Ideas Ampuh Agar Anak Doyan Makan Sayur

Bila responnya baik, di waktu selanjutnya Moms bisa menambahkan variasi sayur lain seperti buncis, bayam, atau kembang kol. Lakukan terus secara perlahan dan bertahap untuk membiasakan lidahnya dengan rasa sayuran. Dengan bentuk mirip kentang goreng, sajikan menu ini untuk si kecil. Ajak si Kecil ikut terlibat Beli Free Spin dalam proses memasak, misalnya dengan memintasi Kecil membantu Ibu mencuci sayuran. Bantu si Kecil lebih mengenal sayuran, dengan menyajikan menu sayuran sebagai rutinitas harian Ibu. Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Seringkali, Bunda harus menghadapi drama di meja makan ketika anak menjadi rewel saat disuruh makan sayur. Segala cara sudah dilakukan agar si kecil menyukai sayuran, namun selalu gagal. Ma, anak akan lebih suka untuk melihat secara langsung daripada mendengarkannya. Jika anak susah untuk Mama suruh makan sayur itu adalah hal yang wajar. Tidak jarang orangtua merasa pusing bahkan kesal karena anak susah untuk makan sayuran.

Memperkenalkan anak dengan sayuran beserta manfaatnya akan membuat ia lebih acquainted dengan jenis makanan sayur. Membuat anak tahu darimana datangnya sayuran juga bisa menjadi cara agar anak mau makan sayur lho, Moms. Selain dengan mengajaknya berbelanja dan memilih aneka sayur di pasar, Moms juga bisa mengajaknya menanam sayuran sendiri. Karena itulah, membuat anak makan sayur tidak cukup hanya dirayu dan dipaksa. Si Kecil tentu akan merasa bosan jika disuguhi sayuran yang sama setiap saat.

Cara agar anak mau mengkonsumsi sayur

Terlebih, jika sayur yang digunakan berwarna warni dan disajikan dengan bentuk menarik. Lakukan hal ini setiap hari, meskipun pada awalnya ada kemungkinan mereka sama sekali tak mau menyentuh sayuran yang Anda buat dengan susah payah. Untuk anak-anak yang sudah menginjak usia three tahun ke atas, Anda juga bisa mengajak mereka berinteraksi langsung ke perkebunan atau supermarket. Dengan demikian, anak bisa melihat beragam pilihan sayur untuk anak dan memilih apa yang mereka inginkan untuk waktu makan nanti. Orang tua bisa memodifikasi buah menjadi sajian seperti sup buah, salad buah, atau puding buah dan lainnya.

Bisa jadi, si kecil tidak bersemangat makan karena ia bosan dengan menu yang itu-itu saja. Nah, beberapa resep yang dipilih dari situs parents.com berikut ini bisa jadi andalan Mama. Selain memiliki citarasa yang unik, tampilan yang menarik juga akan membuat si kecil tergerak untuk meraih dan melahapnya.

Sebuah riset menunjukkan, blueberry kaya serat, Vitamin A dan C. Delapan miligram zat besi per one hundred gram terkandung di dalam kacang Lentil. Selain itu Kacang Lentil juga mengandung protein dalam kadar tinggi dan membuat Anda kenyang lebih lama ketimbang nasi.

Sebagai bentuk penghargaan dan untuk menyemangati anak, jangan lupa berikan pujian setiap kali anak sudah mengonsumsi sayur. Namun ingat, jangan memberikan anak makanan yang tidak sehat sebagai hadiah karena sudah mau makan sayur. “Sayur kandungan energinya sedikit. Anak-anak belajar menyukai bahan pangan kaya energi, karena mereka membutuhkan energi untuk tumbuh”, jelas Sylvie Issanchou. Issanchou adalah koordinator proyek HabEat, proyek penelitian sebelas institut riset dari enam negara Eropa. Para ilmuwan meneliti cara “membujuk” anak usia enam bulan hingga enam tahun agar mau makan sayur.

Tidak hanya obesitas, makan berlebihan dan tidak terkontrol bisa memicu munculnya penyakit lain, semisal penyakit jantung. Kreasi Makanan Anak Iustrasi kue lapis yang terbuat dari wortel dan sawi cookpadAnak-anak tentu sangat menyukai kue, bukan? Namun, kebanyakan kue biasanya berbahan dasar gula yang tidak baik jika terlalu sering dimakan oleh Si Kecil. Setelah anak bermain, cucilah sayuran itu agar bisa dimasak agar tidak mubazir. Lama kelamaan, cara ini akan membuat anak lebih mengenal sayuran. Dokter anak Nimali Fernando dari Virginia mengatakan, hal itu membuat anak lebih sulit menikmati makan malam karena mereka tidak terlalu lapar.

Kalau pilihan di pasar atau supermarket terbatas, bisa juga bervariasi dengan memberikannya secara mentah, atau memasaknya dengan cara berbeda. Anak harus terus-menerus disajikan sayur saat makan, “walau reaksi bayi tidak langsung positif.” Penting untuk sabar, khususnya jika anak berusia antara 18 bulan dan dua tahun. Di usia ini, biasanya anak menolak semua makanan, bahkan yang sudah ia kenal sebelumnya. Serat dalam makanan nabati mendorong pertumbuhan bakteri “ramah” dalam usus kita. Memasak telur dadar atau omelet adalah cara yang mudah dan serba guna untuk menambahkan sayuran ke dalamnya agar makanan anak lebih sehat dan banyak nutrisi serta vitamin.