Eight Cara Mengelola Kembali Keuangan Pribadi Untuk Anak Kost

Selain itu, bayarlah jumlah DP yang lebih besar sehingga complete utang di KPR tidak terlalu banyak. Anda tidak selamanya menumpang di rumah orang tua atau menyewa rumah sepanjang hidup Anda. Pada saat Anda tidak bisa menumpang di rumah orang tua atau tidak bisa lagi mengontrak di tempat yang sama, Anda harus mengurus perpindahan tempat tinggal. Selain repot, Anda juga harus mengeluarkan uang untuk transportasi dan ongkos pekerja yang membantu perpindahan tempat tinggal Anda. Tiap usaha yang dijalankan pastinya tak selalu bisa diprediksi, kemungkinan terburuk dalam menjalankan bisnis berbagai hal tak terduga bisa terjadi kapan pun dan dapat mengancam kelangsungan usahamu.

Saat menempati rumah kontrakan, bisa saja Anda mendapatkan rumah yang tidak sesuai dengan keinginan. Namun, saat ingin mengubah gaya inside atau eksterior rumah, Anda harus meminta izin dahulu dengan pemilik rumah dan belum tentu dapat mengubahnya. Pada saat Anda mencicil sebuah rumah, nanti bangunan tersebut akan menjadi milik Anda. Beberapa tahun kemudian, harga rumah tersebut dapat naik sehingga membuat Anda untung pada saat hendak menjualnya kembali. Anda mengeluarkan biaya sewa setiap bulan, tetapi Anda tidak punya hak atas kepemilikan rumah tersebut.

Tapi, tanpa disadari, kebiasaan mencampurkan keuangan pribadi dan bisnis menjadikan arus kas berantakan. Hindari membeli barang yang tidak diperlukan atau berada di luar anggaran. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meninggalkan kartu debit dan kartu kredit di rumah. Upayakan hanya membawa uang tunai sesuai bujet yang dibutuhkan guna menghindari berbelanja secara impulsif. Inilah mengapa mengelompokkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak begitu perlu wajib dilakukan. Begitu kamu menerima gaji atau uang bulanan, kamu bisa langsung memenuhi kebutuhan pokoknya lebih dahulu.

Pos kedua adalah pembayaran utang yang digunakan untuk melunasi tagihan di luar kebutuhan rutin, seperti tagihan kartu kredit ataupun tagihan kredit kendaraan jika Anda mengambilnya. Lalu pos yang ketiga adalah pos tabungan yang digunakan sebagai simpanan Anda. Jika impas maka hal ini harus diwaspadai, karena masalah akan timbul ketika Anda mengalami kebutuhan yang bersifat insidentil, misalnya biaya berobat ataupun biaya-biaya lain yang sifatnya mendadak. Jika memang uang Anda habis karena hal-hal yang sifatnya tidak penting, maka mulai bulan depan belajarlah untuk menahan keinginan Anda untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal tersebut. Sibukkan diri Anda dengan aktivitas yang lebih produktif sehingga biaya dapat ditekan dan pendapatan meningkat. Begitupula jika pengeluaran yang dikeluarkan memang untuk hal-hal yang bersifat wajib, maka Anda harus menambah porsi pekerjaan untuk meningkatkan pendapatan.

Cara mengatur keuangan dengan mudah

Anda bisa mengikut beberapa langkah berikut ini untuk terbebas dari tumpukan utang. Para perencana keuangan dan para ahli keuangan sepakat bahwa utang konsumtif tidak disarankan. Apabila kamu punya utang atau cicilan, prioritaskan dahulu untuk bisa melunasinya satu persatu. Premi asuransi yang kita bayarkan dapat melindungi aset dan mencegah kehilangan aset dan utang. Mereka merasa rugi karena selama ini mereka membayar asuransi namun tidak pernah mendapatkan manfaatnya.

Apakah pengeluaranmu sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan, kurang dari anggaran, atau justru melebihi anggaran. Sebagai contoh, selama satu bulan kamu hanya membeli satu pasang baju atau sepatu saja, dan lakukanlah hal yang sama untuk bulan-bulan berikutnya. Apabila uang mu masih tersisa cukup banyak di akhir bulan, maka kamu bisa memasukannya ke tabungan. Meskipun kamu sudah membuat perencanaan anggaran diawal bulan, tetap saja berbelanja keinginan pribadi tidak bisa dilakukan secara berlebihan, jika kamu tidak ingin bersedih di tanggal tua. Untuk pemula, jenis instrumen investasi paling aman yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu investasi emas.

Tanpa perlu mencatat dengan kertas, laptop computer atau PC Anda hanya perlu meng-input semua transaksi dalam aplikasi smartphone. Bagi Anda yang digital-savvy, suka belanja online, dan sering melakukan transaksi non tunai, cara ini juga menarik untuk dicoba. Orang yang masuk kategori ini umumnya suka dengan kerapian, namun punya standar kerapian sendiri. Hal ini bisa disebabkan oleh pola penghasilan dan pengeluaran tidak cocok dengan format aplikasi. Membuat format pencatatan sendiri tentu bukan masalah, selama arus kas pribadi bisa dilacak dan dipahami dengan baik.

Begitu juga dengan investasi, pelajari investasi yang menurut kamu menarik, ketahui return dan resikonya, serta pastikan kamu nyaman dengan investasi tersebut. Hal terpenting dari cara mengatur keuangan untuk bisnis adalah dengan memisahkan akun pribadi dan akun bisnis. Memisahkan akun pribadi dan akun bisnis akan memudahkan dalam pelacakan arus kas perusahaan.

Banyak bisnis yang harus gulung tikar karena banyaknya kekurangan dan kesalahan yang dilakukan, terutama dalam mengatur keuangan usaha bisnisnya. Menjadi orang yang konsumtif ini sangat merugikan, apalagi suka utang konsumtif. Jangan terlalu mudah untuk berpikir meminjam uang hanya untuk memenuhi keinginan bukan kebutuhan. Lebih baik berhutang untuk bisa menghasilkan uang, misalnya dijadikan modal usaha kecil-kecilan atau sejenisnya.

Jika sudah diketahui total angkanya, kurangi pendapatan dengan pengeluaran tetap. Angka yang sudah dikurangi ini merupakan jumlah uang yang dimiliki di bulan itu. Jika Anda merasa mempunyai uang yang cukup dan ingin mendapatkan keuntungan lebih maka investasi mungkin dapat menjadi salah satu pilihan terbaik yang dapat Anda pilih. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat. Untuk membuat anggaran ini, Anda bisa memanfaatkan template spreadsheet sederhana yang bisa ditemukan di web Link Kong4D, atau menggunakan aplikasi serupa yang dapat diunduh di ponsel pintar Anda.