Catat! Ini Aturan Yang Wajib Ditaati Pns Di Masa ‘new Normal’

MengutipKompas,pada Mei 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyatakan bahwanew normaladalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19. Dalamnew regular,prinsip utamanya adalah penyesuaian pola hidup. Penyesuaian itu di antaranya protokol yang harus ditetapkan disesuaikan dengan kondisi tempat kerja, lokasi publik, dan sebagainya.

Dan upaya peralihan itu perlu dibarengeni dengan memberikan edukasi/pemahaman serta sosialisasi secara masif kepada seluruh elemen masyarakatyang akan melakukan akses layanan publik. Dengan memanfaatkan sistem on-line dalam setiap layanan publik maka semua bisa diakses ditengah tatanan kehidupan baru “New Normal” tidak terganggu dan menjadi lebih efektif dan efisien. Kelanjutan wacana pelonggaran PSBB ini adalah istilah konsep/skenario baru yakni new regular.

Pandemi COVID-19 yang menghantam Indonesia selama tiga bulan terakhir tidak dipungkiri membawa pengaruh yang signifikan terhadap sektor perekonomian. Pemberlakuan PSBB secara langsung ataupun tidak, telah berdampak pada sektor industri yang harus mengurangi biaya produksi dengan menutup pabrik, merumahkan karyawan, hingga melakukan PHK, sebagai upaya rasional dalam merespons penurunan jumlah permintaan dan pendapatan. Hal ini membawa efek domino seperti meningkatnya jumlah pengangguran dan penurunan kualitas hidup masyarakat.

Peraturan baru dalam masa new normal

Ia menyebut beberapa negara sudah mulai pulih dari virus ini, namun sejumlah ahli memprediksi pandemi Covid-19 bisa berlangsung lama. Hal ini berkaitan dengan belum ditemukannya vaksin atau obat untuk Covid-19. Dengan kondisi tersebut, Pemda harus menerapkan pola baru dalam bekerja yang disesuaikan dengan karakter virus corona. Hand sanitizer diperlukan jika kita tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, seperti di dalam bus atau kereta.

Pada masa kebiasaan baru, kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler sudah diperbolehkan, kecuali menggunakan alat yang harus dipegang oleh banyak orang secara bergantian. Kegiatan juga tetap wajib menerapkan jaga jarak minimal 1,5 meter. Terkait rencana penerapan New Normal tersebut, Gubernur juga meminta para pelaku usaha termasuk Mall dan Pasar Tradisional mempersiapkan diri. Pelaku usaha diminta untuk mematuhi aturan protokol kesehatan dalam penerapan New Normal nantinya.

Penyesuaian sistem kerja dapat dilaksanakan melalui fleksibilitas dalam pengaturan lokasi bekerja, yakni pelaksanaan tugas kedinasan di kantor atau work from workplace dan/atau pelaksanaan tugas kedinasan di rumah atau do enterprise from home . “Jaga jarak, cuci tangan selalu gunakan masker itu protokol kesehatan yang harus diperhatikan oleh pihak pengelola mall. Ini lah yang ingin saya lihat dan pastikan bersama dengan Forkopimda Sumut, sebagai wujud rasa sayang kami ke masyarakat,” ujar Gubernur saat meninjau Sun Plaza Mall Jalan KH Zainul Arifin Nomor 7, Medan, Selasa (16/6). Dikatakan Gubernur, New Normal bukan tentang pilihan cocok atau tidak cocok. Bukan pula pilihan harus diterapkan atau tidak harus diterapkan. Melainkan sebagai sebuah cara pandang baru dalam menjalani kehidupan, yakni hidup yang berdampingan dengan Covid-19.

Tujuanya tentu untuk mencegah penularan covid-19 dalam menjalani new normal. Selain membawa barang-barang diatas, usahakan sesampainya dirumah untuk segera mandi, dan merendam pakaian kita dan jangan lupa untuk tetap menerapkan PHBS, jaga jarak aman, jaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat, vitamin, serta olahraga teratur. Khusus bagi masyarakat yang menggunakan jasa ojek on-line baiknya selalu membawa helm pribadi ya. Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME, dan hidup bahagia dengan keluarga tercinta. Dalam fase penanggulangan bencana, New Normal dapat dilihat sebagai salah satu bentuk upaya yang dilakukan pada transisi masa darurat ke pemulihan bencana.

Pemerintah pun harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit dari anggaran negara untuk menyediakan stimulus dalam rangka menopang berbagai sektor yang terdampak. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia , syarat pelonggaran pembatasan sosial saat Covid-19, selain terjadi penurunan kasus selama tiga pekan, 80 persen kasus harus diketahui information kontak beserta klaster, serta turunnya angka kematian. ”Berdampingan itu justru Link Kong4D kita tak menyerah, tetapi menyesuaikan diri (dengan bahaya Covid-19). Kita lawan Covid-19 dengan kedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan ketat,” kata Jokowi. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, dunia usaha dan masyakat pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas, serta interaksi penduduk umumnya disebabkan aktivitas bekerja.

Untuk pesawat extensive physique dan slender body kapasitas maksimalnya adalah 70 persen. AirNav, operator bandar udara dan operator angkutan udara kami koordinasikan untuk mengatur slot time guna memastikan tidak terjadi penumpukan orang di bandara keberangkatan maupun kedatangan,” paparnya. Surat Edaran Menteri PANRB mengatur tentang penyesuaian sistem kerja, dukungan SDM hingga infrastruktur. Warga yang dilarang mudik ialah mereka yang berasal dari daerah yang menerapkan PSBB serta daerah zona merah Covid-19 lainnya.

Hal ini ditandai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam aktivitas kita. Semarang berencana menerapkan new normal usai pembatasan kegiatan masyarakat pada 7 Juni 2020. Salah satu yang sudah berencana menerapkan new normal adalah Dinas Pendidikan dengan pola masuk sekolah yang baru. Protokolnew normalyang juga telah disiapkan pemerintah adalah panduan untuk sektor jasa dan perdagangan. Protokol ini berlaku bagi pengelola tempat kerja, pelaku usaha, pekerja, pelanggan atau konsumen, dan masyarakat yang terlibat pada sektor jasa dan perdagangan. Meski para pakar kesehatan masih menyarankan untuk tidak melakukan perjalanan yang tidak penting di tengah pandemi Covid-19, tetapi tampaknya banyak orang telah bersiap-siap untuk melakukan touring dan memesan resort untuk menginap menjelang new regular ini.