Anak Susah Makan Sayur Lalu Sembelit, Ada Cara Mengatasinya

Hal ini tentu membuat Anda harus mencari cara agar anak suka dengan sayur dan buah. Dimulai dari rasa penasaran, Si Kecil akan dengan sendirinya mencoba. Ketika Si Kecil sudah mau mulai mencoba makan sayur, Moms bisa menyajikan sayur dalam menu beragam agar tidak terlihat membosankan. Untuk Si Kecil menjadi terbiasa makan sayur, Moms perlu mengenalkannya sedini mungkin.

Melihat perjalanan dan proses sayuran dari mulai dibeli sampai disajikan di piring akan menumbuhkan antusiasme buah hati untuk mencoba pilihannya sendiri. Orang dewasa kadang memang tidak terlalu bawel dengan tampilan makanan. Namun, anak-anak bisa sangat kritis terhadap penyajian makanannya.

Cara agar anak mau mengkonsumsi sayur

Anda juga bisa menyiasati rasa hambar yang cenderung dimiliki sayuran dengan bumbu yang lain. Tak ada salahnya pula untuk memadukan sayuran dengan buah seperti yang ada pada hidangan salad. Yang terpenting, tingkatkan kreativitas dalam padu-padan makanan agar anak mau memakannya. Saat memasak, jangan lupa jelaskan juga manfaat dari setiap sayuran yang digunakan ya, Moms.

Hal ini membuat bunda-bunda pasti bingung bagaimana cara mengatasi anak yang choosy eater terutama dalam memilih sayuran dan buah-buaha yang mereka inginkan. Itu lah moto pertama yang Ayah dan Ibu harus terapkan dalam melatih anak untuk suka makan sayur. Saat dipaksa makan, Slot Gacor sering terjadi drama dimana anak mulai menangis dan menolak makan sayur. Selanjutnya, kamu juga perlu melibatkan anak memilih dan mengolah sayur. Misalnya kamu bisa mengajak anak untuk membeli sayuran ke pasar, dan biarkan dia memilih sayuran yang menarik perhatiannya.

Karena tidak doyan, banyak orang tua kemudian memilih suplemen untuk menambah asupan vitamin sebagai pengganti sayur. Banyak asupan vitamin dari buah dan sayuran yang penting untuk pertumbuhan buah hati. Anak pun pasti akan merasa sangat bersemangat ketika diajak berbelanja. Pergi ke swalayan untuk membeli sayuran segar bisa sekaligus jadi ajang untuk memperkenalkan anak dengan berbagai jenis sayuran yang menyehatkan.

Variasi dari jenis buah dan sayur yang diberikan kepada anak juga harus diatur. Cara kreatif bisa menambah kegemaran anak dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Misalnya, Anda dapat memodifikasi buah-buahan denga membuat sup buah, membuat sayuran menjadi puding, dan sebagainya. Sebab, jika anak tidak dibiasakan mengonsumsi sayuran dan makanan sehat lainnya, maka nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak mungkin tidak tercukupi. Tips agar anak doyan sayur yang terakhir, yaitu memberikan hadiah apabila anak mau makan sayur.

Pada awalnya, berikan anak jenis sayur yang ia senangi misalnya bayam atau wortel, serta masak sayur sesuai yang ia senangi, misalnya dengan direbus atau ditumis. Sebagai orang tua, tentu Moms ingin si kecil mendapat asupan nutrisi terbaik. Ada satu cara agar anak mau makan sayur yang cukup efektif, yaitu haluskan sayuran tersebut hingga menghilangkan bentuk aslinya.