15 Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji Kecil, Tremendous Mudah!

Jika Anda tidak memiliki dana darurat, sebagian besar dari 20 persen ini harus digunakan terlebih dahulu untuk dana darurat. Pastinya, dana yang perlu disiapkan antara lain untuk membayar tagihan reguler, pengeluaran diskresioner, dan porsi tabungan yang merupakan dana darurat. Hal yang tidak kalah pentingnya dalam mengatur keuangan adalah dengan mendidik diri sendiri. Jangan pernah lelah untuk belajar tentang berbagai hal seperti laporan keuangan, termasuk cara membaca laporan keuangan.

Misalnya 10% untuk tabungan, 5% untuk membayar premi asuransi kesehatan, dan 15% untuk investasi. Tabungan bisa digunakan untuk membeli rumah, membayar keperluan tak terduga, dan lainnya. Sementara kesehatan terlindungi asuransi, dan investasi bermanfaat di masa depan. Selain itu, laporan yang Anda dapatkan juga akan lebih bermanfaat, akurat, dan tepat waktu dengan biaya yang lebih rendah. Anggaplah dirimu sebagai salah seorang pekerja di perusahaanmu sendiri.

Untuk investasi, kamu bisa menanamkan uangnya di beberapa instrumen investasi seperti deposito, reksadana pendapatan tetap atau emas. Instrumen investasi tersebut cukup likuid sehingga memudahkan kamu untuk mencairkannya saat ada kebutuhan mendesak. Risiko investasinya juga relatif rendah namun tetap bisa memberikan pertumbuhan nilai yang lumayan.

Manfaatkan sumber pemasukan itu disamping Anda harus mulai belajar untuk melakukan usaha atau bekerja sampingan untuk membantu orangtua dalam pembiayaan kuliah. Di kemudian Kong4D hari, tabungan dapat digunakan untuk memenuhi atau menutup segala macam kebutuhan yang mendesak. Misalnya ketika motor rusak dan harus dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Tak hanya penghasilan berupa gaji dari pekerjaan, penghitungan ini juga mencakup pendapatan lain, seperti keuntungan investasi hingga keuntungan jika kamu turut membuka bisnis. Cara mengatur keuangan rumah tangga yang satu ini penting dilakukan agar kamu bisa membagi alokasi penghasilan ke kebutuhan prioritas yang harus dipenuhi setiap bulannya. Kamu bisa melakukan cara mengatur keuangan rumah tangga ini dengan menuliskan apa saja pengeluaran utama. Dana darurat merupakan dana cadangan yang bisa digunakan saat benar-benar dalam keadaan darurat. Pengadaan dana cadangan penting dalam mengelola keuangan keluarga untuk mengatasi berbagai kondisi, seperti tiba-tiba atap rumah bocor, kehilangan gadget, atau terjadi PHK sepihak.

Cara mengatur keuangan dengan mudah

Tips-tips di atas akan berjalan dengan baik apabila selalu ada komunikasi yang baik dalam hal keuangan. Tanpa komunikasi, akan susah sekali memulai semua rencana di atas. Selain itu, Anda juga tidak bisa mengerjakan semua pekerjaan keuangan seorang diri. Tidak ada salahnya Anda meminta bantuan dari konsultan keuangan demi berjalannya usaha. Misalnya saat Anda mulai kekurangan stok, seketika tahu kapan barang ini harus diproduksi atau ditambah. Apalagi jika vendor Anda memerlukan waktu untuk memproses pengorderan, maka Anda akan memiliki waktu untuk mengorder barang tersebut.