Universitas Negeri Semarang Universitas Berwawasan Konservasi

Universitas Negeri Semarang perkuat sinergi kerjasama dengan Southeast Asian Ministers Of Education Organization Regional Centre For Quality Improvement For Teachers and Education Personnel In Language , Universitas Negeri Jakarta , Universitas Al Azhar Indonesia , dan Universitas Negeri Yogyakarta . Dalam rangka menghargai dedikasi dan pengabdian para dosen dan tenaga kependidikan selama menjalankan tugas di lingkungan Universitas Negeri Semarang , Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyerahkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya secara Daring, Kamis (28/1). Dalam kesempatan itu Rektor juga menjelaskan pengembangan UNNES Klaster 1, UNNES akan menjadi smart campus, UNNES PTN BH, dan mendirikan Fakultas Kedokteran. Hal tersebut disampaikan Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam acara Rapat Kerja Universitas secara Daring, Jumat (29/1).

UNNES terus mendorong kepada semua civitas akademika untuk penguatan menuju PTN BH. Perlu saya sampaikan, UNNES merupakan perguruan tinggi dua aras teaching college dan analysis university. Dua aras ini menjadi satu dalam upaya mengembangkan tridharma perguruan tinggi untuk meweujudkan Indonesia Maju,” kata Prof Fathur. Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam Sambutannya menyampaikan bahwa salah satu bentuk nyata dari konsep merdeka belajar Mendikbud adalah UNNES sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan siap menjadi mitra Guru terutama dalam menghadapi masa pandemi dengan proses belajar jarak jauh. Guru adalah pelopor pengembang peradaban dan tolok ukur kemajuan suatu bangsa, maka perlu mengingat kembali bahwa kita semua adalah guru yang diterjemahkan melalui Ing ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani, imbuh Profesor yang hobi olahraga Tennis.

Kita mengacu filosofi di jepang ceizen, Sebelum membuat produk kita harus membangun manusianya. “Hari ini kita akan mendapatkan arahan dari Prof M Nasir untuk meningkatkan kapasitas UNNES. Statuta UNNES ketua dewan penyantun UNNES adalah Gubernur, untuk ketua hariannya Prof Nasir,” ujar Prof Fathur Rokhman.

Memantau secara sungguh-sungguh, agar supaya tujuan pembelajaran yang disampaikan betul-betul sesuai, tepat dan dapat diserap para mahasiswa” ucap Prof Fathur. Pada kesempatan ini FE mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia atas penyelenggaraan Silaturahmi virtual terbanyak di Indonesia yang ini diikuti oleh 1260 orangtua/wali mahasiswa baru FE UNNES yang tersebar diberbagai penjuru tanah air di Indonesia. Divisi Fixed Wing yang akan terbang dengan jarak tempuh 10 KM untuk misi drop logistik dan pemetaan lahan direncanakan akan terbang di daerah Kabupaten Kendal, bersamaan dengan divisi Racing Plane di kawasan yang sama.

“UNNES terus berkembang memiliki tradisi prestasi dan reputasi, untuk itu mari kita pertahankan dan tingkatkan terus,” kata Prof Fathur. Setelah paparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipenuhi dengan antusiasme peserta. “Mas Nadiem Makarim selaku Mendikbud telah melakukan berbagai kebijakan untuk meringankan biaya kuliah mahasiswa selama pandemi. Kebijakan tersebut tertuang dalam Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 yang kita dukung secara penuh. Dalam Permendikbud yang diterbitkan Juni 2020, Kemendikbud akan memberikan keringanan UKT bagi mahasiswa PTN yang menghadapi kendala finansial selama pandemi Covid-19,” kata Prof Fathur Rokhman.

Viral live di tik-tok menghitung beras

Ketua Forum Sufi Internasional itu juga menyinggung perihal keterbukaan informasi dan banyaknya media sosial serta penggunaan bahasa yang mempengaruhi kondisi beragama, berbangsa, dan bernegara, serta meluasnya hoax dan ujaran kebencian yang menyebabkan situasi tidak kondusif. “Negara merupakan produk dari evolusi yang terus menerus sampai menjadi negara yang modern. Mulai dari Kinship atau juga political background yang kemudian berkembang berbasis non secular yakni sumber kekuasaan berasal dari Tuhan atau kuasa dijalankan oleh yang dianggap wakil Tuhan” jelas Suyatno PhD. Dalam kesempatan tersebut, Suyanto PhD didampingi oleh tiga dosen Ilmu Politik UNNES yakni Moh Aris Munandar SSos MM, Erisandi Arditama SIP MA, dan Wenny Eka Septina MSi yang berdiskusi mengenai International Relations and Politics Economy. Selain itu, Prof Fathur mengungkapkan, dengan adanya doktor baru diharapkan semakin meningkatkan kualitas layanan akademik di FIS UNNES.

Berbagai model dan produk pembelajaran dihasilkan sebagai bentuk seni pembelajaran pada tiap mata kuliah. Dengan bertajuk Pagelaran Seni Berkearifan Lokal, Jurusan PGPAUD menyelenggarakan pagelaran yang dilakukan secara virtual. Kegiatan ini berhasil memproduksi video pagelaran kesenian dengan mengangkat topik kearifan lokal daerah masing-masing mahasiswa.

UNNES siap menindak tegas apabila ditemukan kasus pelanggaran HAM di UNNES sesuai dengan regulasi yang berlaku ” ujar Rektor UNNES. Dalam Rangka Menyambut Dies Natalis UNNES Ke fifty six Forum UKM UNNES menyelenggarakan kegiatan Doa Bersama Lintas Agama dengan mengusung tema UNNES GEMILANG UNTUK INDONESIA MAJU, bertempat di aula Pondok Pesantren Tsamrotul Hikmah Patemon, Jumat (26/3). Berangkat dari cita-cita itulah Kemendikbud mengisiai transformasi sistem pendidikan Indonesia, Merdeka Belajar, Kampus Merdeka yang membukakakan mahasiswa mengenal dan mengembangkan poteninya, tutur Mendikbud. “Semoga dihari jadi yang ke 56 Kakek Merah ini, seluruh civitas akademika UNNES terus bersemangat untuk mencapai prestasi gemilang dan terus maju mewujudkan Lembaga Perguruan Tinggi Nasional terbaik dan dapat berprestasi dikancah Internasional sebagai global clas University. Selamat Ulang tahun ke 56, semoga Allah SWT memberikan, memberkati, dan memberikan inayahnya, pertolongannya serta meridhoi semua ikhtiar yang kita lakukan,” ucap Wapres. “Daftar a hundred alumni inspiratif dalam buku ini tidak dimaksudkan sebagai potret puncak pencapaian, apalagi dimaksudkan sebagai peringkat.

Universitas Negeri Semarang telah menyelenggarakan Training Emosional dan Spiritual Question secara Virtual. Pelatihan khusus ini diikuti oleh civitas akademika UNNES guna meningkatkan mindset Kepemimpinan Bertumbuh Berbasis Emosional dan Spiritual Question Untuk Akselerasi Perubahan UNNES Berkelas Dunia. “Kepercayaan publik hanya dapat diperoleh dari kerja keras dan fokus untuk menghasilkan kepuasan yang sesuai harapan masyarakat. Penyelenggara pelayanan publik harus melakukan akselerasi dan perbaikan pelayanan publik secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Inovasi dan cara kerja baru dalam birokrasi harus terus menerus diupayakan untuk menjawab tuntutan masyarakat yang dinamis,” tuturnya. Selain itu, Drs Heri Yanto mengatakan FE terus berupaya membuat inovas untuk mendukung implementasi zona integritas dengan menerapkan layanan terpadu yang memberikan kemudahan administrasi bagi dosen dan mahasiswa.