Nikita Mirzani Ikut Geram Dengan Development Ikoy

Warganet yang ikut berpartisipasi dalam ikoy-ikoyan ini pun ada dari semua kalangan. Ada yang dari mahasiswa, ibu rumah tangga, pengusaha UMKM, hingga tenaga kesehatan pun ikut mengirim DM ke Arief Muhammad. Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis. Di video itu, pemilik akun Instagram @ariefmuhammad itu menulis ‘Ikoy masih aman jarinya. Ia juga lantas menggoda Ikoy sembari tertawa sembari berujar “Koy gimana jari lu udah keriting belum ngirim-ngirim? Namun berbeda dengan Nana Mirdad, dia tidak setuju dengan aksi tren Ikoy-ikoy itu.

Siapa pencetus Ikoy-ikoy

Arief Muhammad sendiri tidak akan merespons mereka yang spam di akun Instagramnya. Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan munculnya tren ikoy-ikoyan yang dicetuskan oleh YouTuber sekaligus influencer, Arief Muhammad. [newline]Nikita rupanya menganggap Arief Muhammad mengajarkan netizen jadi pengemis lewat tren yang dibuatnya itu. “1 lg ni Arif Muhammad pencetus ikoy2 yang bikin mental netizen jadi pengemis,” tulis Nikita mengawali unggahannya pada hari Kamis (5/8). Arief Muhammad merupakan sosok anak rantau yang pekerja keras dan tidak kenal lelah. Kerasnya kehidupan di ibukota membuatnya harus melakukan berbagai macam cara guna mendapatkan uang tambahan, seperti berjualan pulsa hingga berjualan dipinggir jalan.

Padahal, Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan tes ditingkatkan hingga 400 ribu sehari. AKURAT.CO, Belakangan ini, ucapan Ikoy-ikoy ramai diperbincangkan di sosial media. “Rachel dan mungkin sekalian mau ngomong ke teman-teman lain yang ditagih followers-nya untuk ikoy-ikoyan, gue minta maaf ya,” tulis Arief Muhammad. Mantan istri Niko Al Hakim itu mengaku terkejut dengan pattern ikoy-ikoy. Namun, kemudian ia paham bagaimana hal tersebut bisa menjadi trend, yakni karena campur tangan Arief Muhammad.

Psikolog Lucia Peppy menilai viralnya tren mengirimkan Direct Message ke selebgram untuk meminta bantuan ini tidak secara instan mendeskrisikan mentalitas bangsa sebagai pengemis. Nana Mirdad, Chelsea Olivia dan Audi Marissa tegas menyatakan enggan mengikuti tren dan membiasakan followersnya meminta-minta. Terlebih lagi, tidak ada usaha atau kejelaskan soal standing Judi Online orang yang dibantu itu. Aksi berbagai ini dianggap mengajarkan warganet memiliki mental mengemis dengan meminta-minta pada orang yang tak dikenal.

Dalam keterangannya, Arief Muhammad mengaku kaget lantaran tak menyangka jika dirinya akan diberikan mobil yang cukup mewah dari rekannya tersebut. Suami Tiara Pangestika tersebut mengaku bahwa ia tidak pernah meminta netizen untuk melakukannya ke public figure yang lain. Ia pun mengatakan untuk jangan memiliki psychological minta ini itu ke orang. Di dalam beberapa unggahan InstaStorynya, ia menuliskan alasan mengapa tidak ikut melakukan permainan yang sedang tren saat ini.

Melansir Suara.com, ia kemudian mengkritik sikan warganet Indonesia. Nikita Mirzani geram dengan kelakuan warganet yang kerap membully artis namun di saat yang sama ingin mendapatkan gratisan. Tak lama setelah unggahan tersebut, ia kembali menyinggung soal ikoy-ikoy. Menurutnya warganet seharusnya bekerja keras jika ingin mendapatkan uang.

Tidak tanggung-tanggung, hadiah yang diberikan tidak hanya uang jutaan saja, bahkan beberapa di antaranya berupa saham atau usaha yang dirintis olehnya. Hal ini menjadikan sosok Arief Muhammad semakin dikagumi masyarakat Indonesia. Penulis novel Poconggg ini membagikan rezeki berupa uang maupun barang-barang pada followers-nya yang sedang membutuhkan lewat jargon ikoy-ikoyan. Para netizen yang menginginkan hadiah atau bantuan dari Arief Muhammad hanya perlu mengirimkan DM lewat Instagram pribadinya. Netizen bisa langsung meminta apa yang sedang dibutuhkan dengan jujur dan tidak dibuat-buat.

Tren ikoy-ikoy ini bahkan membuat influencer hingga beberapa artis pun ikut berpartisipasi. Kendati demikian, Niki tidak menampik jika ajang berbagi itu memang baik. Namun di balik kebaikan itu nantinya akan menjadi sasaran bully dari publik.

Nikita juga menyindir artis yang ikut menyelenggarakan permainan ikoy-ikoyan ini demi simpati followers. Menurutnya, cara ini tak akan berpengaruh jika suatu saat sang artis menghadapi masalah. Menariknya, Arief Muhammad mengatakan sedang tidak dalam mood untuk memberikan makanan, tapi akan memberikannya uang saja. M Rizqi Fadhilah yang akrab disapa Ikoy untuk melakukan transfer sejumlah uang, sesuai intruksi Arief. Ikoy sendiri berasal dari nama panggilan asistennya yang diminta untuk mentransferkan sejumlah uang untuk followersnya.

Mereka diminta untuk membagikan sejumlah uang atau barang untuk para followersnya. Lebih lanjut Arief mengaku, sampai saat ini notifikasi di media sosialnya tidak berhenti. Dari mulai followers, teman-teman, pengusaha, teman artis, dan influencer lain pun “ditodong” major ikoy-ikoyan. JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Ramai dan jadi perbincangan di media sosial, kata “ikoy-ikoy”. Tidak hanya warganet, para influencer dan selebgram pun dibuat bertanya-tanya dengan maksud dari “ikoy-ikoy”. Hal ini lah yang membuat influencer sekaligus selebgram ternama, Arief Muhammad, membagikan banyak dana untuk masyarakat yang membutuhkan.